Update Harga Domba Texel dan Update Super Texel Terbaru di lampung

Berapa harga domba Texel tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Texel Lamb dikenal dengan dagingnya yang unggul di seluruh dunia karena dagingnya yang ramping.

 

Genetika domba texel sendiri mempunyai otot yang sangat kuat, badan yang besar dan berat, serta mempunyai bulu yang berwarna putih keabu-abuan. Domba texel terdapat hampir disetiap negara, termasuk Indonesia.

 

Wol domba hampir identik dengan wol Merino. Perbedaan domba Texel dan Merino justru terletak pada bulunya. Texel memiliki wol tetapi hanya di badannya. Itu tidak menutupi wajah atau kaki.

 

Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kakinya, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia.

 

Berapa harga domba Texel super, fullblood atau cross saat ini? Sebelum membahas harganya, berikut informasi mengenai sejarah Texel menjadi daging domba potong yang cukup populer di Indonesia.

 

Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia

 

Pada abad ke-18, domba Texel didistribusikan ke lebih dari 35 negara di dunia, termasuk benua Eropa dan Amerika, serta Oseania. Populasi domba Texel terus meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Hal ini dikarenakan Texel mempunyai daya tahan dan kemampuan adaptasi yang sangat baik.

 

Texel juga diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada tahun 1970an. Awal pembangunannya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.

 

Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara.

 

Hingga saat ini, peternakan domba Texel dipusatkan di Afrika, Belanda dan Australia. Oleh karena itu, Texel Indonesia adalah yang terbesar di antara negara-negara tersebut. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya.

 

Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta.

 

Namun jangan salah, Texel tetap menjadi aset investasi yang bagus. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.

 

Rekor domba Texel termahal dipegang oleh domba bernama Double Diamond. Domba Texel adalah seekor Texel berdarah murni yang dijual di sebuah lelang di Skotlandia seharga 90.000. Jumlahnya sekitar 7,2 triliun rupiah.

 

Ciri-ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia

 

Harga domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Oleh karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Domba texel darah utuh memberikan dampak positif terhadap peternakan dan kualitasnya.

 

Untuk mengenal lebih jauh domba-domba ini, ada baiknya kita memahami apa saja ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel. Ini adalah beberapa ciri umum.

 

Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Ciri-ciri yang menonjol pada domba texel dapat Anda lihat berdasarkan bentuk fisiknya. Secara fisik domba texel berbeda dengan domba penghasil wool, karena ukuran domba texel lebih besar. Texel memiliki beberapa ciri khas.

 

1. Badan berotot besar/besar

Kerangkanya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling jelas terlihat. Texel juga menjadi salah satu domba yang paling diminati di seluruh dunia karena hal ini. Kekuatan Texel tidak hanya terletak pada dagingnya saja, namun juga pada produksi wolnya. Texel memiliki tubuh yang berotot sehingga dagingnya tidak terlalu menggemukkan.

 

2. Wajah domba Texel putih

Texel memiliki wajah putih. Pada bagian muka domba ini umumnya tidak terdapat bulu yang panjang. Bentuk kepala Texel lebih terlihat dengan rambut pendek.

 

3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala

Texel tidak memiliki bulu di kakinya, kecuali kepalanya. Tampilan Texel lebih keren dibandingkan domba dan kambing lainnya. Hanya bulu badan dan ekor saja yang ditumbuhi rambut sehingga membuatnya terlihat semakin besar.

 

Texel dewasa dapat memiliki berat hingga 160 kg. Texel, domba pedaging raksasa, terkenal dengan bobotnya yang berat. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.

 

4. Telinga Pendek ke atas

Selanjutnya, bentuk telinganya juga penting. Baik Texel murah atau mahal, telinganya akan sama: pendek dan atas. Telinganya seperti menghadap ke depan (dengan posisi hampir horizontal).

 

5. Hidung dan Kaki Domba Texel Berwarna Hitam

Perhatikan hidung domba Texel dan kukunya jika bisa. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap (hitam).

 

Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Lalu dari sifat domba yang jinak, merpati, tidak galak seperti kambing aduan. Sebaliknya, domba betina Texel mudah bergaul dan bersahabat dengan manusia. Sedangkan untuk domba Texel jantan cenderung sedikit lebih agresif. Karakter domba Texel dijelaskan lebih detail di bawah ini.

 

1. Walaupun badannya besar, tapitidak sulit untuk dipindahkan

Ini adalah hewan yang lebih besar karena tubuhnya yang besar dan bulu yang menutupinya. Domba Texel dapat bergerak dengan mudah. Itu karena struktur genetik yang dimiliki Texel. Hal ini memungkinkannya menghasilkan daging dengan kualitas kelas dunia di seluruh bagian tubuhnya.

 

2. Mudah diperbanyak

Kabar gembira bagi para peternak, domba Texel bebas domba yang tentunya meningkatkan produktivitas di peternakan. Bahkan, Anda bisa membeli domba betina bunting jenis ini dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com (GB Farm).

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Seperti domba potong pada umumnya, pertumbuhan Texel sangat pesat. Persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan harian. Menurut penelitian, orang dewasa berdarah penuh Texel mengalami kenaikan berat badan antara 300 dan 600 gram per hari.

 

4. Perawatan mudah, daya tahan tubuh tinggi dan adaptasi mudah

Selain itu, perawatan domba Texel sangatlah mudah. Sebab, di kampung halamannya, Pulau Texel, domba ini telah belajar beradaptasi dalam berbagai kondisi ekstrem. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh dalam mengobati dirinya sendiri, kita bisa memulainya dengan ketahanannya yang kuat terhadap penyakit.

 

5. Kalau Kamu Bisa Ramah, Maka Kamu Bisa Punya Hewan Peliharaan

Jika Anda senang bermain dengan domba atau kambing, maka Texel akan menjadi pilihan yang tepat. Kambing Kerdil berukuran kecil dan lucu karena digunakan sebagai hiasan. Sedangkan Texel merupakan seekor kambing yang lucu dan menggemaskan dengan ukuran raksasa.

 

Hubungi kami untuk penawaran harga domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun campuran di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Di situs gibasbarokah.com atau di media sosial kami, Anda dapat menemukan informasi dan detail kontak.

 

Cara beternak domba texel di indonesia

 

Untuk beternak domba broiler seperti Texel, tujuan utamanya adalah agar cepat gemuk dan besar. Apakah itu semua tergantung jenis dan pola pakan domba? Faktor terpenting yang perlu diperhatikan bukan hanya jenis dan polanya.

 

Ada pula beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang dan kebersihan, serta kondisi fisik domba. Silakan lihat berikut untuk rincian lebih lanjut.

 

1. Perhatikan kandangnya, pastikan kandangnya ideal untuk proses penggemukan

Kandang domba broiler tersedia dalam berbagai jenis tergantung umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus di dalamnya, ada kandang individu untuk dipelihara. Penting untuk memperhatikan kandang agar hewan tidak stres.

 

Ternyata stres bisa berakibat fatal bagi pertumbuhan domba. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kandang yang tidak nyaman, sering dilalui orang, tidak ada sinar matahari, dan terlalu lembab/kering.

 

2. Komposisi dan pola pakan domba yang seimbang

Pola dan komposisi pakan sangatlah penting. Semakin besar ukuran domba texel maka semakin banyak nutrisi yang dibutuhkannya. Umumnya nutrisi tersebut terbagi menjadi protein dan energi.

 

Adapun komposisi pakan secara umum ada 2 yaitu pakan konsentrat dan pakan hijauan. Pakan konsentrat meliputi ampas tahu, bungkil kelapa, dedak padi, jagung dan singkong. Sedangkan pakan hijauannya antara lain rumput gamal, kaliandra, daun lamtoro, rumput gajah, dan daun pisang.

 

Konsentrat pakan dari bahan-bahan di atas tidaklah banyak, hanya sekitar 1-3% dari total bobot domba. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) menyumbang 10 hingga 25 persen dari bobot domba.

 

Peternak tentunya dapat menambahkan pakan lain jika sudah teruji dan/atau berdasarkan pengalamannya. Pakan fermentasi sama dengan pakan buatan. Karena harga domba Texel yang mahal maka pola dan komposisi di atas perlu diperhatikan.

 

3. Perawatan Tubuh Fisik Domba

Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu tebal dan berbulu di tubuhnya. Maka dari itu perawatan fisik juga perlu diberikan oleh para peternak, minimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Beberapa anjuran perawatannya antara lain memandikan domba untuk membersihkan, merawat bulu dan memangkas kuku domba (umumnya setiap enam bulan sekali).

 

Semua yang terbaik

 

Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.

 

4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Para petani kemudian perlu memantau status kesehatan Texel. Anda sudah tahu apa yang harus dicari pada domba. Anda bisa memeriksa hidung, mulut, kaki, atau gejala lainnya.

 

Pastikan untuk menjaga mulut, hidung dan mata tetap bersih (tidak ada lendir). Periksa apakah keempat kaki domba dapat menopang tubuhnya dan memungkinkannya bergerak bebas. Juga, periksa perut apakah ada keberpihakan. Sedangkan dari anus biasanya untuk mendeteksi jenis penyakit yang menyerang.

 

Peternak juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengamati tingkah laku dan tingkah laku pada dombanya, terlepas dari apakah hal tersebut wajar atau tidak. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.

 

5. Berikan Suplemen dan Vitamin jika Dibutuhkan

Langkah selanjutnya dalam beternak domba Texel adalah penggunaan vitamin atau suplemen khusus. Peternak punya ometode sendiri untuk mempertahankan pertumbuhan optimal pada domba. Gunakan suplemen dari produsen atau suplemen fermentasi sayuran.

 

Domba yang sakit, membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda membeli domba dari GB Farm, kami akan dengan senang hati memberi Anda petunjuk arah. Layanan ini menjadi bukti GB Farm Ngawi peduli dengan setiap pembelian Anda.

 

Harga Domba Texel Terlengkap Termurah di Gibas Barokah Farm

 

Akhir kata jika anda tertarik meminang domba tipe Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). Atau jenis persilangan hasil persilangan dengan domba super broiler, GB Farm jawabannya.

 

GB Farm merupakan peternakan modern yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk Anda. Jenis dombanya adalah Dorper, Awassi Garut Merino Suffolk Texel. Juga jenis kambing seperti Boer, Anglo Nubians, Alps Saanen Pygmy Pygmy Pygmy dan kambing kurban. Serta berbagai peralatan penunjang peternakan atau hasil olahannya.

 

Berikut beberapa jenis dan harga domba texel berdasarkan kondisi masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm menawarkan domba Texel mulai dari 1,5 juta saja. Harga tersebut merupakan yang termurah di pasaran Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.

 

Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Domba Texel betina ini merupakan hasil persilangan antara domba pedaging super yang terjamin kualitas unggulnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel Betina Hamil

Pilihan selanjutnya adalah Texel yang hamil (dengan domba), atau Texel yang hamil (dengan Domba Dorper darah penuh). Texel Hamil Domba Mulai 3 Jutaan. Sedangkan hamil dari Dorper fullblood asli, mulai dari 5 juta.

 

Domba texel bunting harus memenuhi kriteria: berat badan maksimal 50kg, vaksinasi FMD 2x, indukan laktasi 1-3 kali, dan sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba texel hasil persilangan bisa menjadi produk yang sangat langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. Domba Fullblood Texel 100% Asli

Fullblood 100% asli merupakan produk domba Texel terbaik. Harga Texel sekitar 50.000.000 baik untuk pria maupun wanita. Semua keunggulan genetik bawaan Texel berada di dalam tubuh domba. Impor langsung dari peternakan di Afrika, oleh karena itu Anda perlu memesan terlebih dahulu.

 

Kami selalu dengan senang hati memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

UDitch Unicon Jawa Tengah: Solusi Terbaik untuk Menjaga Kualitas Lingkungan yang Baik

Susu Kambing Termurah di Pekalongan Jawa Tengah

Visualisasi penerapan sistem akuntansi terbaik bagi masyarakat