Susu Kambing Termurah di Pekalongan Jawa Tengah

Selain daging, susu dari kambing juga bisa dikonsumsi. Susu dari hewan ini memiliki banyak nutrisi yang tidak kalah dengan susu sapi. Apa saja kandungan dan keunggulan susu kambing? Mari kita mulai, mari kita lebih mendalam!

 

Kandungan gizi susu kambing

 

Manfaat susu kambing

Dibandingkan dengan susu kambing, susu sapi jauh lebih banyak dicari. Hal ini disebabkan karena di pasaran lebih mudah menemukan susu serta berbagai macam olahannya, seperti yogurt dan keju dibandingkan dengan susu kambing.

Namun, susu kambing tidak kalah bergizi. Di bawah ini adalah berbagai nutrisi yang terdapat dalam 100 mililiter susu kambing.

Manfaat susu dari kambing

aritmia jantung

Banyaknya nutrisi yang terdapat dalam susu kambing tentunya memberikan potensi yang menguntungkan Anda dalam berbagai hal. Sejumlah penelitian telah melihat kandungan nutrisi serta potensi manfaat susu kambing bagi kesehatan manusia. Berikut penjelasan singkatnya.

 

1. Menyehatkan jantung

Susu kambing adalah sumber potasium yang kaya yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut literatur, dengan dosis 100 mililiter, jumlah kalium yang ada dalam susu kambing adalah 160 miligram.

 

Kalium dalam susu kambing dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini dicapai dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

 

Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas memompa darah harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah terkontrol maka kesehatan jantung akan terjaga.

 

2. Terpeliharanya kesehatan sel-sel tubuh

Selain membantu mengontrol tekanan darah, potasium yang ditemukan dalam susu kambing juga ditemukan di berbagai sel tubuh, seperti sel otot, pembuluh darah, hati, dan tulang. Artinya, sel-sel di dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik jika asupan kalium tercukupi.

 

Selain potasium, susu kambing juga memiliki asam amino bernama tryptophan. Ini bukan hanya cara menjaga kesehatan saraf Anda, tetapi asam ini juga terlibat dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

 

3. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Di perut Anda, ada bakteri menguntungkan yang membantu pencernaan. Namun, jumlah bakteri menguntungkan bervariasi berdasarkan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Memang benar susu kambing mengandung prebiotik yang menyediakan makanan bagi bakteri menguntungkan. Jika jumlah bakteri baik yang terdapat dalam tubuh Anda sehat atau bahkan bertambah, maka metabolisme tubuh akan lebih efisien.

 

Bakteri kemudian membantu usus untuk mencerna makanan dan melawan bakteri jahat. Artinya, susu kambing bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Alasan Penting Mengonsumsi Makanan Kaya Prebiotik

Artikel TERKAIT

Semua Prebiotik, Serat Khusus Yang menjadi makanan bagi bakteri usus

 

FAKTA NUTRISI

Semua Prebiotik, Serat Khusus Yang menjadi makanan bagi bakteri usus

 

Probiotik dan prebiotik memainkan peran penting untuk sistem pencernaan serta tubuh secara umum. Keduanya bekerja bersama-sama dengan melibatkan jutaan bakteri "baik" di dalam usus besar untuk memastikan Anda tetap sehat. Tapi, jangan bingung prebiotik untuk hal yang sama. Mari kita lihat sifat prebiotik dan manfaatnya bagi tubuh Anda. Apakah mereka? [...]

 

Ditinjau secara medis oleh Dr. Andreas Wilson Setiawan* 28 Juni 2022

 

4. pH tubuh

PH, juga dikenal sebagai Hidrogen potensial, adalah jumlah basa atau asam dalam zat tersebut. Bukan hanya pada makanan atau minuman saja, tapi tubuh Anda memiliki standar pH yaitu 7 hingga 7,4. Namun, banyak penyakit yang dapat menyebabkan pH tubuh Anda terlalu asam.

 

Kadar pH tubuh yang tidak ideal bisa mempengaruhi sistem imun hingga membuat Anda sering sakit. Untuk menjaga tingkat pH dalam tubuh Anda, Anda harus mengontrolnya melalui asupan makanan dan minuman.

 

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi susu kambing. Susu merupakan sumber asam amino L glutamin, yang bersifat basa alami, sehingga membantu mengatur pH asam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

 

5. Tidur lebih nyenyak dan nyaman

Triptofan asam amino yang ditemukan dalam susu kambing dapat membantu tubuh Anda memproduksi hormon serotonin. Hormon tersebut tidak hanya digunakan untuk mengatur suasana hati, tetapi juga membantu merangsang bagian otak yang mengatur waktu bangun dan tidur.

 

Jika tubuh Anda mengetahui kapan waktunya bangun dan tidur maka pola tidur Anda akan membaik. Dimungkinkan untuk tertidur dengan mudah dan beristirahat dengan nyaman.

 

6. Rendah lemak

Susu kambing juga mengandung lemak, meski dalam jumlah yang lebih sedikit. Lemak yang terdapat pada susu kambing kaya akan asam lemak esensial, seperti arakidonat dan linoleat.

 

Kedua asam lemak ini merupakan sumber energi yang cepat terbakar dan tidak disimpan dalam tubuh Anda dalam bentuk lemak. Dengan demikian, akumulasi kolesterol berkurang. Ini juga dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit jantung ping.

 

5 Makanan yang tinggi protein dan rendah lemak, untuk menurunkan berat badan dengan cepat

 

Artikel TERKAIT

Tujuh pilihan makanan Tinggi Protein, dan rendah lemak

FAKTA NUTRISI

Tujuh pilihan makanan Tinggi Protein, dan rendah lemak

 

Jika Anda sedang menjalani diet, umumnya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein namun dengan kandungan lemak yang rendah. Tapi, tahukah Anda makanan apa saja yang termasuk dalam kategori ini? Berikut adalah daftar bahan makanan yang dipertimbangkan. Aneka makanan yang tinggi protein, tapi rendah lemak Jika Anda sedang makan diet seimbang makan protein, itu adalah salah satu aspek terpenting yang harus Anda waspadai. Protein adalah sumber protein. [...]

 

Ditinjau secara medis oleh Dr. Andreas Wilson Setiawan, 08 Juli 2022

 

7. Manfaat susu kambing untuk kulit

Terbukti, asam lemak yang terdapat pada susu kambing tidak hanya bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

 

Kadar asam laktat di dalamnya juga membantu menghilangkan selulit dari tubuh dan memperbaiki corak kulit. Maka tak heran jika banyak produk perawatan kulit berbahan dasar susu kambing sebagai salah satu bahan utamanya.

 

Apa yang harus Anda ketahui sebelum minum susu kambing?

manfaat dari beta glucan (beta glukan) untuk menurunkan kolesterol

Ada banyak manfaat susu kambing untuk meningkatkan kesehatan Anda, dan oleh karena itu sayang sekali jika dilewatkan. Dari anak-anak hingga orang dewasa bisa meminum susunya, jadi jangan takut untuk mencobanya.

 

Bagi yang memiliki masalah medis seperti kanker atau tekanan darah tinggi atau diabetes susu ini aman untuk diminum. Padahal, susu kambing dapat dijadikan pengobatan alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

 

Namun, susu kambing tidak boleh diberikan kepada bayi berusia kurang dari satu tahun. Alasannya adalah karena sistem pencernaan bayi tidak dirancang untuk menangani ASI selain ASI. Karena itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan alternatif pengganti ASI.

 

Jika anak Anda menderita alergi susu, susu kambing bisa menjadi alternatif. Hal ini disebabkan jumlah protein kasein (protein pemicu reaksi alergi) yang terdapat pada susu kambing lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi.

 

Bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa, penting untuk mengetahui seberapa sensitif respons tubuh Anda terhadap laktosa (gula yang terdapat dalam susu). Jika kepekaan Anda sangat tinggi, disarankan untuk memilih susu yang berbeda, misalnya susu nabati.

Beda Jenis Susu dan Beda Kandungan Gizi

Artikel TERKAIT

Beda Jenis Susu dan Beda Kandungan Gizi

FAKTA NUTRISI

Beda Jenis Susu dan Beda Kandungan Gizi

Apakah Anda dapat membedakan berbagai jenis susu yang tersedia di pasaran? Susu sapi yang dijual di pasaran terdiri dari beragam jenis, mulai dari rasa dan bentuk, isi, hingga cara pembuatannya. Apa perbedaan antara berbagai jenis susu? Jenis susu berbeda berdasarkan kandungan lemaknya. Di bawah ini adalah macam-macam susu menurut kandungan lemak dan kalori di dalamnya. 1. Susu Susu Murni [...]

 

Foto penulis

lencana

Ditinjau secara medis oleh Dr. Patricia Lukas Goentoro* 10 November 2021

Ada faktor tambahan yang harus diperhatikan sebelum Anda mengkonsumsi susu kambing. Menurut penelitian susu memiliki kemampuan untuk membersihkan tubuh dan menghilangkan zat racun dari dalam tubuh.

 

Setelah diminum, tubuh dapat menghasilkan gejala yang mirip dengan intoleransi laktosa seperti mual, perut kembung, diare, dan mual. Untungnya gejalanya akan membaik dengan cepat. Jika tidak, itu adalah tanda yang paling mungkin disebabkan oleh intoleransi laktosa.

 

Aturan minum susu kambing sama persis dengan susu sapi pada umumnya yaitu dua gelas 250ml sehari.

Susu paling baik dikonsumsi di pagi hari untuk memberikan energi untuk memulai hari Anda, baik sebelum atau sesudah berolahraga, dan di malam hari untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Pastikan susu kambing yang Anda konsumsi telah melalui proses pasteurisasi, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Comments

Popular posts from this blog

UDitch Unicon Jawa Tengah: Solusi Terbaik untuk Menjaga Kualitas Lingkungan yang Baik

Visualisasi penerapan sistem akuntansi terbaik bagi masyarakat