Garut Domba Lampung yang memiliki berbagai keunggulan - Pemalang

Garut adalah nama yang diberikan untuk domba Garut. Domba Lampung mengacu pada jenis domba yang dipelihara di Lampung. Domba Garut secara ilmiah dikenal dengan nama Ovis Aries yang merupakan hasil persilangan domba lokal Capstaad dengan Merino. Di daerah asalnya, domba Garut lebih sering tampil dalam pertandingan tanding atau aduan.

 

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan lebih banyak tentang varietas domba lokal ini. Misalnya untuk menjawab pertanyaan: mengapa domba Garut termasuk ras domba yang paling dikenal secara genetik. Tidak hanya populer secara lokal dan nasional, tetapi juga terkenal di seluruh dunia.

 

Kajian tersebut salah satunya berupa buku berjudul Garut Sheep Accessories and Accessories yang diterbitkan melalui Unpad Press. Hal ini pada gilirannya menunjukkan bahwa domba Garut Lampung memang memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh domba lainnya. Bentuk telinganya, bentuk ekornya dan kulitnya yang menunjukkan kekhasan tersendiri.

 

Ketika kita berbicara tentang ekonomi Kenyataannya, domba Garut sangat berkompeten dalam beternak. Ada segelintir peternak yang berhasil dan mampu mengatasi guncangan ekonomi (seperti saat pandemi) hanya bisa bergantung pada penjualan domba Garut.

 

Hal ini didukung oleh pangsa pasarnya untuk domba Garut. Kabar baiknya, beternak domba Garut bisa menjadi kegiatan utama atau bahkan sekunder bagi para peternak. Mampu mengidentifikasi breed domba dengan genetik unggul dapat mempercepat perkembangan secara cepat dan substansial.

 

Keunggulan Garut Lampung

Melihat peluang beternak domba Garut yang masih mengudara, salah satu hal pertama yang perlu diperhatikan mulai dari indukan. Peternakan Gibas Barokah menjual domba Garut di Lampung dengan jaminan kemurnian genetik lokal. Seperti domba perah pada umumnya, domba Garut memiliki kekhususan dan keunikan tersendiri.

 

Domba Garut termahal sejauh ini telah dibeli dengan harga lebih dari 120 juta rupiah. Kambing tersebut dimiliki oleh seorang petani di daerah Bandung, Jawa Barat. Mirip dengan hewan yang bertarung, salah satu faktor yang menentukan harga adalah kelincahan mereka di medan perang.

 

Aspek lain meliputi genetika yang mempengaruhi postur tubuh, bentuk rambut, dan perhatian yang diberikan oleh breeder itu sendiri. Jika domba yang menjadi juara pensiun berhenti berkompetisi, biaya mereka untuk menghasilkan keturunan pasti sangat mahal. Karena mengusung genetik paling unggul dari para breeder juara.

 

Lebih lengkapnya, berikut beberapa keunggulan domba Garut Lampung yang patut Anda ketahui.

 

1. Memiliki Pangsa Pasar Yang Stabil

Permintaan domba Garut Lampung tidak pernah turun. Sehingga peternak yang fokus pada budidaya wol Garut memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang. Padahal, harga jual domba jenis ini akan terus meningkat.

 

Karena itu, beberapa peternak berani mengambil domba Garut dengan kualitas yang sangat prima kepada peternak. Ini adalah aset investasi besar yang dapat menciptakan dinasti breed domba terbaik dengan harga tinggi.

 

2. Apakah memiliki penggemar sendiri

Seperti halnya domba, pada umumnya dimanfaatkan susu, daging, kulit, dan kotorannya. Tak hanya sampai di situ saja keistimewaan domba Garut. Domba Garut juga memiliki posisi yang kuat sebagai juara di ajang adu ketangkasan.

 

Jika Anda bisa melihat bentuk rambut yang montok dan indah, tentu akan menimbulkan kesan gagah. Namun tanduk tersebut memiliki kegunaan tersendiri, yaitu sebagai senjata yang mirip jalu yaitu kaki ayam. Bentuk tanduk domba Garut lebih panjang, lebih panjang, dan lebih kuat dibandingkan dengan tanduk jenis domba lainnya.

 

3. Memiliki Harga Fantastis

Domba Garut terbesar dan termahal ini setara dengan harga mobil baru atau ratusan juta rupiah per ekor. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, potensi ekonomi domba Garut sangat luar biasa. Pasar tidak hanya melihat penampilan daging tetapi juga kemampuan mereka dalam kompetisi kelincahan.

 

Harga domba garut juara itu seperti bola salju. Dengan kata lain, biaya keturunan domba juga mahal. Jadi jika sebuah peternakan membanggakan domba Garut top dunia, selain terkenal peternakannya juga menawarkan keuntungan ekonomi yang besar.

 

 

4. Perawatan Mudah

Pemeliharaan domba Garut Lampung identik dengan pemeliharaan domba pada umumnya dalam industri kandang dan aspek teknis. Berbeda dengan pakan, domba Garut membutuhkan nutrisi dan serat yang lebih banyak. Pakan kaya serat akan meningkatkan kualitas daging, otot dan perkembangan tanduk, tulang, dan tulang domba.

 

Karena itu, kandungan lemak pada domba Garut berkurang. Ini membuatnya sangat cocok untuk menggunakan daging seperti untuk hewan kurban. Domba Garut memiliki berat yang sangat banyak. Domba Garut adalah superjumbo terbesar kelas A. beratnya bisa mencapai lebih dari 100 kilogram dan memiliki umur 2 tahun!

 

5. Domba Garut Lampung Mudah Di Pemasaran

Domba Garut populer di seluruh Indonesia, terutama sejak tmereka telah dianugerahi tambahan label hewan "agility fighting".

Comments

Popular posts from this blog

UDitch Unicon Jawa Tengah: Solusi Terbaik untuk Menjaga Kualitas Lingkungan yang Baik

Susu Kambing Termurah di Pekalongan Jawa Tengah

Visualisasi penerapan sistem akuntansi terbaik bagi masyarakat